Pages

FUNNY-INTERESTING FACTS SELAMA AY-REPSE DI THAILAND

Berikut merupakan fakta lucu, mistis, unik, dan menggelitik di AY-REPSE 2016. Buat yang belum baca tentang ceritaku ikut AY-REPSE. Baca disini. Untuk proses terpilihnya, baca disini.

MAKAN BABI

Dalam acara AY-REPSE ini, konsumsi dari panitia disediakan dengan berbagai cara. Misalnya pas sarapan, kita selalu sarapan secara buffet/ prasmanan di hotel, makan siang di restoran terkenal di setiap provinsi (secara buffet maupun banquet) dan makan malam juga di restoran atau hotel.
Singkat cerita pas hari-hari awal di Bangkok, kebiasaan untuk “mencicipi semua makanan yang tersedia saat prasmanan” yang sudah mendarah daging masih ada dan tanpa melihat label menunya. Yang aku lupa saat itu adalah, “This is Thailand!” dimana semua bahan makanan -bahkan semua bahan yang tidak lazim kita sebut makanan- akan tersaji di meja makan. Ya jadilah, karena setiap prasmanan umumnya ada 3-4 menu yang berbahan babi (bahkan pas di provinsi Chiangmai menu babinya 5 lebih), tanpa sadar aku makan babi. Mau tau rasanya? Bumbu. ya, rasa bumbu! Hehehe. Sama saja sih seperti ayam maupun sapi, tapi lebih mirip ayam menurutku (mungkin karena cara/metode masaknya). Yang terasa adalah bumbunya, karena makanan Thailand memang sangat kuat cita rasanya. Aku baru sadar ketika sarapan hari ke 3. Tak sengaja melihat label bertuliskan menu-menu tidak halal tersebut. Setelah kejadian itu, sebelum makan aku selaku memastikan label maupun bertanya ke panitia. Hari-hari berikutnya, tak hanya menu babi. Ada kodok, darah itik, dan lain-lain.
Ya Allah, aku kotor.

BABI BERSIN KE MUKA

Ya, ini benar-benar terjadi. Jadi ceritanya, kami berkunjung ke sebuah peternakan unik di provinsi Sakon Nakorn. Nah di peternakan tersebut banyak sekali binatang hitam yang dibudidayakan, ada ayam hitam, kelinci hitam, sapi hitam, babi hitam, dan banyak lagi. Singkat cerita kami sedang berjalan-jalan di samping kandang babi. Kali melihat-lihat babi dalam kandang tersebut sangat dekat, karena hanya dibatasi pagar kandang. Salah satu temanku dari Malaysia, yang juga seorang muslim melarangku berada terlalu dekat dengan kandang babi, karena najis. Aku pun berjalan menjauh, dan di saat yang sama, salah satu temanku dari Indonesia -yang dari tadi berdiri paling dekat dengan kandang babi- dibersinin oleh babi. Ya, babi itu bersin (mungkin karena alergi dengan temenku itu wkwkwkw. (Andy, kalo kamu baca ini map ya terlalu jujur wkwkwkwk)). Dia pun harus membersihkan mukanya dengan metode 7 air dan 1 debu, karena liur babi termasuk najis mugholadhoh (najis berat). Temenku, si Zack terpingkal pingkal ketika aku cerita, apalagi dia heran saat temenku harus membersihkan mukanya dengan tanah. (yang difoto itu anaknya babi, bukan babi yang kumaksud. yang kumaksud babinya gede banget di kandang gede, tapi ngga kefoto).

KETEMU SETAN THAILAND

Pengalaman mistis tentunya tak luput dari sebuah perjalanan. Kejadian mistis selama berada di Thailand terjadi di Provinsi Sakon Nakorn, tepatnya di hotel tempat kita menginap, The Majestic Hotel. Hotel ini kalau dilihat sudah cukup lama berdiri. Dan setiap malam ada saja teman yang bercerita mistis tentang hotel ini.
Ada teman yang melihat sosok bayangan di lantai 2 hotel (lantai 2 hotel ini tidak dipakai, jadi benar benar kosong seperti aula terbuka luas dan gelap). Jika kita tidak menggunakan lift (karena banyak dari kami stay di lantai 3 dan 4), kami pasti akan melewati lantai gelap ini. Dan yang bercerita padaku tidak cuma satu orang.
Ada teman yang ketika selesai mandi pagi melihat cap tangan di kaca kamar mandi (karena menggunakan air panas kaca mengembun). Padahal ketika mandi pintu dikunci.
Beruntung aku sendiri tidak mengalami hal aneh-aneh kecuali hawa mistis di lantai 2 hotel tersebut.

NAIK PESAWAT TENTARA

Satu lagi pengalaman menarik disini adalah setiap berpindah provinsi, kami menaiki pesawat tentara yaitu Royal Thai Air Force. Rasanya? Seru Banget! Beda banget sama pesawat komersil, di sini kursinya saja beda, berasa jadi tentara perdamaian deh pokoknya hehe.

HAMPIR TIAP HARI MUNCUL DI TV

Setiap malam setelah agenda berakhir, agenda rutin kami adalah melihat TV di kamar hotel. Kami mencari muka kami sendiri di liputan acara di TV-TV nasional. Kebanyakan di segmen Berita (bukan berita kriminal). Ini beberapa acara TV yang berhasil ku kumpulkan (sebenernya masih ada yang lain, namun karena pakai aksara Thailand, dan nggak semua diupload di Youtube, jadi susah carinya.

CHANGE ROOMMATE

Seperti kujelaskan di awal, di setiap pindah provinsi pasti akan pula pindah hotel dan pindah roommate.

Begini SEHARUSNYA jatah roommateku:

Sakon Nakorn roommatenya Zack dari Singapore
Chantaburi roommatenya Warid dari Thailand
Bangkok roomatenya Zack dari Singapore
Alasannya adalah : AKU MUDAH BANGET DIAJAK. Ya. Tiap kali diajak, “Eh, nanti di provinsi selanjutnya seroommate sama aku ya” pun kujawab “Siap”. Ngikut ajalah…

HOSPITALITY TERBAIK

Panitia acara ini emang keren banget.
Semua hal selalu dipikirkan dan direncanakan dengan SANGAT matang. Misalnya tiap kali kunjungan, mereka selalu menyediakan payung, handuk basah dalam sachet, lotion anti nyamuk, dan segala macemnya. Pernah juga ada temen yang Cuma sakit perut, dia langsung dibawa ambulance ke rumah sakit dan ditangani dengan sangat baik. Setelah acara harian selesai di malam hari pun, kalau kita mau keluar harus dengan ijin LO, dan bahkan di beberapa provinsi, jika kita ingin keluar malam, kita akan dikawal oleh polisi yang disediakan panitia.