Pages

Napak Tilas di Semarang? Bisa Apa?




Ketika mengunjungi Kota Semarang mungkin kita bingung untuk menentukan tempat wisata, karena kota ini biasanya memang digunakan sebagai kota transit. Terutama bagi yang pernah tinggal di Semarang, pasti rasanya ingin kembali bernostalgia dan napak tilas dengan Kota di tengah Pulau Jawa ini. Beberapa orang kebanyakan bingung untuk menentukan destinasi atau aktivitas di Semarang. Namun belakangan ini pariwisata di Kota Semarang sangat menunjukkan kemajuan pesat, bahkan dianggap setara dengan kota-kota besar lainnya.



Sebagai seorang yang pernah tinggal dan mengenyam bangku perkuliahan selama 4 tahun di Kota Semarang, ingin rasanya hati ini untuk napak tilas, menikmati suasana yang berbeda dari Ibukota Jakarta serta mengunjungi berbagai tempat wisata bersejarah serta menyaksikan perkembangan kemajuan Kota Semarang. Kegemaran penulis untuk explore suatu tempat serta memotret keindahannya dalam lensa tentu akan terpuaskan jika dilakukan di Kota yang menyimpan banyak memori bagi penulis ini.
Yang menjadi pertanyaan bagi para pelancong pasti “Memang Ada Apa di Semarang?” Penulis akan menyajikan 7 aktivitas seru yang dapat dilakukan di Kota Atlas ini.



1. Mengunjungi Seribu Pintu di Lawang Sewu
Sempat viral pada acara televisi horror, Lawang Sewu kini malah menjadi Top Destinasi Kota Semarang. Rasanya belum ke Semarang jika belum menyempatkan diri untuk singgah di Icon kota Semarang ini. Bangunan ini sejatinya merupakan bagunan yang ditujukan untuk Gedung perkeretaapian, namun pada tahun 1999 gedung ini dipakai menjadi museum. Lawang Sewu ini buka setiap hari pada pukul 07.00-21.00 WIB. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 5000-Rp 10.000, kalian bisa ekspor bangunan belanda ini serta foto-foto cantik di pintu-pintu klasik Gedung ini. Bagi kalian yang memiliki nyali, kalian juga dapat turun ke ruangan bawah tanah yang kabarnya dulu merupakan tempat penyiksaan tahanan pada masa pendudukan Jepang.





2. Mengenang Pahlawan di Monumen Tugu Muda
Berlokasi tepat di depan Lawang Sewu, pengunjung juga bisa mengunjungi Monumen Tugu Muda. Monumen ini dibangun untuk memperingati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur pada peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang. Monumen ini sendiri dibangun pada 10 November 1951 oleh arsitek Salim Hendro dan kini juga menjadi ikon landmark Semarang. Selain hanya berkunjung, wisatawan juga dapat menikmati keindahan taman dan air mancur di sekitar monumen tugu. 



3. Mengunjungi Kuil Indah di Sam Poo Kong
Jika wisatawan ingin destinasi yang berbeda dan menarik, maka Sam Poo Kong mungkin adalah jawabannya. Kompek yang oleh masyarakat lokal disebut dengan gedung batu ini merupakan bangunan klenteng yang dulunya juga tempat petilasan Laksamana Zheng He/ Cheng Ho. Klenteng ini berlokasi di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, sekitar 3 km dari kawasan Tugu Muda. Para wisatawan biasanya berkunjung untuk merasakan ambience destinasi Asia rasa lokal di tempat ini.




4. Eksis Foto Ala-Ala di Pagoda Watugong
Beralih sedikit lebih ke arah selatan, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, jangan lupa mengunjungi Pagoda Avalokitesvara yang biasa disebut masyarakat dengan Pagoda Watugong. Pagoda ini ada di dalam komplek wihara yang aktif, jadi jika mengunjungi tempat ini juga harus menghormati para umat yang sedang beribadah yaaaa.



5. Wisata Rohani di Masjid Agung Jawa Tengah
Ingin mengunjungi masjid Nabawi di Madinah tapi belum punya budgetnya? Mungkin masjid satu ini bisa dijadikan alternatif karena arsitekturnya yang hampir mirip dengan payung-payung besar di depan bangunan masjidnya. Yang menarik dari masjid ini adalah, selain dipengaruhi oleh arsitektur madinah, masjid ini juga dipengaruhi oleh arsitektur eropa dan jawa. Di depan masjid ini selain terdapat payung besar khas masjid Nabawi Madinah, terdapat pula pilar-pilar besar melengkung mirip colloseum serta bangunan kubahnya yang diadaptasi dari budaya Jawa. Akulturasi budaya memang hal yang akan sering wisatawan jumpai ketika berkunjung ke Kota Semarang karena kota ini sangat menjunjung tinggi nilai toleransi.




6. Nostalgia kala Senja di Kawasan Kota Lama
Ingin bernostalgia bersama orang-orang terkasih dengan ambience gedung-gedung Eropa? Tak perlu jauh-jauh dan mahal-mahal untuk keluar negeri karena di Semarang juga ada komplek Kota Lama yang merupakan kompek pusat kota di jaman penjajahan Belanda. Di Kota Lama terdapat banyak sekali gedung-gedung bersejarah yang berusia ratusan tahun serta juga terdapat beberapa museum. Wisatawan biasanya tertarik untuk mengunjungi area Taman Srigunting dengan Gereja Blenduk  sebagai iconnya serta spot foto tematik yang hits yaitu dinging akar yang berlokasi tidak jauh dari Gereja Blenduk tersebut.




7. Dan Last but not least, Campus Tour!
Semarang memang sudah dikenal sebagai salah satu kota yang nyaman untuk berkuliah. Di kota ini terdapat berbagai kampus yang masuk dalam kategori Top di Indonesia. Termasuk almamater penulis yaitu Universitas Diponegoro. Sudah 3 tahun lebih rasanya belum menginjakkan kaki lagi di kampus Diponegoro ini. Di kampus ini terkenang memori-memori suka duka sebagai mahasiswa. Tentu sekarang sudah banyak berubah, baik bangunan maupun orangnya. Oiya, di Kota Semarang bukan hanya Undip saja kampus yang dapat dikunjungi. Ada juga Unnes, Udinus, Unissula, Unimus, dan lain-lain.


______________________________________________________________________

Bagi kalian yang berencana berlibur atau sekedar mengunjungi Kota Semarang, pastinya menginginkan akomodasi yang nyaman namun terjangkau. Terutama bagi kalian yang mencari Hotel di Semarang terutama Hotel Murah di Semarang, info berikut akan sangat bermanfaat. Jangan lupa untuk menginap di OYO Hotel karena selain jaringan hotelnya sudah banyak di Kota Semarang, namun juga fasilitasnya keren serta yang paling penting harganya sangat terjangkau.
Penulis sendiri sudah berkali-kali menginap di OYO Hotel, karena harganya murah namun fasilitasnya tidak kalah dengan hotel-hotel lain.




Di Kota Semarang sendiri sudah ada banyak sekali jaringan hotel OYO Hotel, jadi kalian bisa tinggal pilih mana yang sesuai dengan kehendak hati.
Selamat berlibur di kota Semarang, kota indah di pesisir Pulau Jawa yang menyimpan banyak kenangan serta memori baik indah maupun sedih, seperti lagu sang legend, TheGodfather of Broken Heart, Didi Kempot, "Tanjung Mas Ninggal Janji".  

Pamungkas Zone

Life is an Adventure!

1 komentar:

  1. Terimakasih infonya mas, jadi nambah referensi kalo mau wisata ke semarang 😄

    BalasHapus